Minggu, 28 Desember 2014

PELUANG BISNIS KERIPIK BELUT (PKMK)

Program Kreativitas Mahasiswa Keripik Belut
Belut (Monopterus albus) merupakan ikan darat dari keluarga Synbranchidae dan tergolong ordo Synbranchiodae, yaitu ikan yang tidak mempunyai sirip atau anggota lain untuk bergerak.
Belut merupakan jenis ikan yang dikenal dengan bentuknya yang panjang serta kulitnya yang licin. Ternyata belut merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung banyak unsur gizi seperti protein, kalori, zat besi, kalsium, serta beberapa jenis vitamin.

Kandungan Gizi Belut :
Nilai protein pada belut (18,4 gram/100 gram daging), selain itu, protein belut juga kaya akan asam amino yaitu leusin, lisin, asam aspartat, dan asam glutamat. Leusin dan isoleusin diperlukan tubuh untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga kesetimbangan nitrogen pada orang dewasa. Leusin juga berguna untuk perombakan dan pembentukan protein otot. Asam glutamat berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu kerja neurotransmitter.
Selain itu, belut kaya akan zat besi (20 mg/ 100 gr). Zat besi berguna untuk membentuk hemoglobin darah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Belut juga kaya akan fosfor, nilainya dua kali lipat fosfor yang ada di dalam telur. Fungsi fosfor adalah pemberi energi dan kekuatan pada metabolisme lemak dan karbohidrat, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi serta untuk penyerapan dan pemakaian kalsium dalam tubuh.
Balut juga kaya vitamin B yang penting bagi otak agar dapat berfungsi normal, serta membantu membentuk protein, hormon, dan sel darah merah.

Tingginya gizi yang terkandung dalam belut menjadikan belut diminati oleh masyarakat, bahkan sampai masyarakat luar negeri. Hal ini menjadikan peluang bisnis belut sebagai ladang untuk menghasilkan keuntungan cukup besar.
Saat ini tidak hanya budidaya belut saja yang dilirik. Berbagai macam olahan belut pun dijadikan sebagai peluang usaha baru yang cukup menguntungkan. Salah satu olahan belut yang mudah dan diminati banyak konsumen adalah keripik belut. Rasanya yang renyah dan gurih sangat disukai konsumen.

Adapun resep masakan keripik belut yang dapat sahabat coba adalah sebagai berikut :
Bahan :
300 gram belut, bersihkan
2 sdm air jeruk nipis
garam secukupnya
100 gram mentega
1 liter minyak goreng
Pelapis : (Aduk Rata)
8 sdm terigu
1 sdt cabai bubuk
garam dan merica bubuk secukupnya
Pencelup (Aduk Rata) :
2 butir telur kocok lepas
2 sdm peterseli, cincang halus
Cara Membuat :

  1. Lumuri belut dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 10 menit. Cuci bersih.
  2. Lumuri belut dengan bahan pelapis, celupkan ke dalam bahan pencelup. Gulingkan kembali ke dalam bahan pelapis.
  3. Panaskan minyak goreng dengan mentega, goreng belut hingga matang. Angkat dan sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar