Selasa, 02 Desember 2014

Apakah Cacar Air itu?

Adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zozter. Serangan virus ini menyebabkan demam yang sangat tinggi. Waktu terekspos sampai kena penyakit antara 2-3 minggu. Pada awalnya penderita akan merasa demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu dan lemah bahkan ada yang sampai mengalami nyeri sendi, sakit kepala dan pusing. Beberapa hari kemudian muncullah kemerahan pada kulit yang berukuran kecil di sekitar dada dan perut lalu di anggota gerak dan muka. Bintik merah ini lalu berubah menjadi lenting berisi cairan dengan dinding tipis. Ruam kulit ini akan terasa sedikit nyeri atau gatal sehingga terkadang tidak sengaja tergaruk.

AGAR CACAR AIR TIDAK MENINGGALKAN BEKAS HITAM
Jika lenting ini dibiarkan maka akan segera mengering membentuk keropeng (krusta) yang nantinya akan terlepas dan meninggalkan bercak di kulit yang lebih gelap (hiperpegmentasi). Bercak ini lama-kelamaan akan memudar dan tidak meninggalkan bekas lagi. Namun, jika lenting cacar air ini dipecahkan, krusta akan terbentuk lebih dalam sehingga akan mengering lebih lama. Hal ini akan memudahkan infeksi bakteri terjadi pada bekas garukan tadi. Setelah mengering bekas luka tadi akan meninggalkan bekas yang lebih dalam. Terlebih lagi jika penderita adalah dewasa atau dewasa muda, bekas cacar air akan lebih sulit menghilang.

Apakah penderita cacar air tidak boleh mandi ???
Selama 5 hari setelah ruam mulai muncul, dan sampai semua melepuh telah berkeropeng, sebaiknya penderita tetap mandi seperti biasa, karena kuman yang ada pada kulit justru dapat memperparah inveksi kulit yang sedang terkena cacar air. Namun, perlu diingat bahwa ketika mengeringkan tubuh sesudah mandi, sebaiknya tidak menggosoknya dengan handuk terlalu keras karena bisa memecahkan lenting cacar air dan berbekas. Untuk menghindari gatal sebaiknya gunakan bedak talk yang mengandung menthol.

PENGOBATAN CACAR AIR SECARA TRADISIONAL HERBAL
Gunakan seluruh bagian bayam duri (Amaranthus spinosus) direbus hingga mendidih selama 15 menit lalu digunakan untuk merendam bagian kulit yang terkena eczema (ruam). Selain itu bisa menggunakan akar daun landep yang digiling halus lalu tambahkan 1 sendok air perasan jeruk nipis dan diaduk rata kemudian balurkan pada kulit yang terkena panu dan kurap, gantilah 2 kali 1 hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar