Minggu, 28 Desember 2014

CONTOH TOR (TERM OF REFERENCE)

TOR
( Term Of Reference )

A.    Nama kegiatan
Kegiatan ini bernama “Grand Opening BEC dan Latihan Rutin.”

B.     Tema kegiatan
Kegiatan ini bertema “Membiasakan Berbahasa Inggris Aktif Mahasiswa Biologi Melalui Kegiatan Latihan Rutin Upaya Menciptakan Guru Yang Siap Menghadapi Tantangan Zaman.”

C.    Dasar pemikiran
Dewasa ini pergerakan dunia pendidikan sudah berjalan semakin cepat seiring kemajuan teknologi yang tengah menggempur dunia, tidak terkecuali Indonesia. Hal ini sesuai dengan tuntutat dari era globalisasi yang mana memaksa setiap negara untuk berlomba-lomba dalam memajukan dan menonjolkan negaranya agar bisa berjaya di kancah Internasional.
Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia, baik melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Dan tiap negara yang tidak mampu bersaing dengan negara lain dapat menjadikan negara tersebut semakin terbelakang dan terjajah oleh negara yang lebih maju. Termasuk diantaranya adalah dalam hal pendidikan.
Dengan diberlakukannya era globalisasi ini menuntut dunia pendidikan Indonesia untuk berbenah diri. Mulai dari sarana prasarana hingga pada peningkatan kualitas tenaga kependidikannya agar mampu bersaing dalam kancah internasional. Salah satu cara yang diterapkan Pemerintah Indonesia adalah dengan dicanangkannya model sekolah berstandar Internasional yang mana setiap guru/ pengajar diharuskan untuk menggunakan bahasa inggris dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari.
Melihat realita kondisi yang ada di lapangan tersebut, maka IKIP PGRI Semarang yang merupakan salah satu jenjang pendidikan yang nantinya akan mencetak para pengajar di dunia pendidikan Indonesia, diharapkan mampu memberikan bekal kepada segenap mahasiswanya agar dapat bersaing dalam kerasnya arus globalisasi dunia pendidikan dengan pemberian mata kuliah bahasa inggris di semua jurusan, di samping jurusan pendidikan bahasa inggris itu sendiri. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat berbicara bahasa inggris secara lancar dalam tiap kegiatan pembelajaran. Salah satunya seperti yang ada di jurusan Pendidikan Biologi.
Namun yang terlihat di lapangan, mahasiswa Biologi hanya mampu berbahasa inggris secara pasif (writing dan reading) semata, dan ketika diminta untuk menjelaskan atau mengajar di depan kelas dengan menggunakan bahasa inggris, masih banyak dari mahasiswa yang merasa kesulitan dan cenderung tidak bisa mengemukakan kosakata bahasa inggrisnya dengan baik dan benar sesuai grammar. Bahkan, akhirnya malah menjadi tidak sinkron antara apa yang dimaksud dengan apa yang diungkapkan. 
Oleh karena itu, dari Hima Biologi tepatnya Bidang Biologi English Club mengadakan kegiatan grand opening yang nantinya akan dilanjutkan dengan kegiatan latihan rutin bilingual setiap satu bulan sekali.
Kegiatan latihan rutin ini merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang melibatkan mahasiswa-mahasiswi Program Studi Pendidikan Biologi untuk mengkaji berbagai materi yang berhubungan dengan Biologi dengan menggunakan bahasa inggris, khususnya dalam hal kemampuan linguistik/ berbicara. Dengan menghadirkan pembicara/ pemateri langsung dari jurusan pendidikan bahasa inggris.
Diharapkan setelah mengikuti latihan rutin ini, mahasiswa Biologi menjadi terbiasa dalam menggunakan kosakata bahasa inggris dalam kesehariannya, sehingga akan menciptakan lulusan mahasiswa Biologi yang cerdas dan terampil berbahasa inggris, serta siap menghadapi tantangan kemajuan zaman.

D.    Dasar kegiatan
  1. AD/ ART Ormawa/ Lemawa IKIP PGRI Semarang
  2. Program Kerja HIMA Progdi Pendidikan Biologi periode 2010/2011
  3. Rapat pengurus semi otonom Biologi English Club Hima Progdi Pendidikan Biologi tanggal 16 desember 2010.

E.     Tujuan kegiatan
Kegiatan ini bertujuan untuk:
1)      Memotivasi mahasiswa biologi dalam membiasakan berbahasa inggris.
2)      Membekali mahasiswa biologi dalam berlatih berbicara bahasa inggris dalam kegiatan pembelajaran biologi.
3)      Memberikan tambahan pengetahuan tentang berbagai materi biologi yang disajikan secara bilingual (Inggris-Indonesia).

F.     Peserta kegiatan
Sasaran kegiatan ini adalah mahasiswa-mahasiswi jurusan pendidikan biologi IKIP PGRI Semarang.

G.    Bentuk kegiatan
Bentuk kegiatan ini adalah grand opening yang diisi dengan bedah film menggunakan bahasa inggris, kemudian dilanjutkan dengan latihan rutin yang berisi penyampaian berbagai materi biologi yang dikemas dalam bentuk suatu permainan dan disajikan dengan menggunakan percakapan bahasa inggris yang diselingi dengan bilingual yaitu bahasa Indonesia dan bahasa inggris sehinggga  mahasiswa-mahasiswi biologi tertarik dan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan pembelajaran di kelas atau pun secara nyata di lapangan.

H.    Pelaksanaan kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan pada:
Hari/ tanggal         : Kamis, 30 Desember 2010
Waktu                   : 08.00 - 12.00 WIB
Tempat                  : Ruang Seminar Gedung Utama
Kegiatan ini akan dilanjutkan secara kontinu setiap 2 bulan sekali dalam satu periode kepengurusan.

I.       Penutup
      Demikian TOR ini kami susun semoga menjadi bahan pertimbangan dalam pelaksanaan kegiatan “Grand Opening dan Latihan Rutin” yang menjadi program kerja Badan Semi Otonom Biologi Engglish Club Hima Progdi Pendidikan Biologi. Atas perhatian dan kebijakan yang diberikan kami mengucapkan terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar