Minggu, 28 Desember 2014

IKAN TERBERAT DI DUNIA

Beberapa Fakta tentang Ikan Bertulang Terberat Di Dunia 
Tahukah sahabat ikan apakah yang paling berat di dunia ini ??? Paus ??? Oh,,, ternyata bukan itu...
Lantas apakah nama ikan terberat seantero dunia itu ???
IKAN MOLA... Yach, nama ini mungkin masih cukup asing di telinga kalian. Karena, memang ikan ini jarang dijumpai. Ikan mola dikenal juga dengan nama Ikan Matahati (Ocean sunfish). Ikan mola memang ikan bertulang terberat di dunia. Bayangkan, berat ikan ini rata-rata seribu kilogram atau satu ton. Bentuk ikan ini unik, yaitu hanya memiliki kepala yang besar dengan ekor kecil. Dengan bentuk seperti itu, ikan mola memang terlihat unik. Bahkan, menakutkan bagi yang belum pernah melihatnya.

Ikan besar ini adalah penghuni perairan tropis di Indonesia bagian tengah dan beberapa tempat lagi di kawasan samudra pasifik. Walau begitu, ikan yang satu ini juga dikenal di belahan dunia lainnya karena mereka senang berenang mengikuti arus samudra.
FAKTA-FAKTA IKAN TERBERAT DI DUNIA:
Ikan mola betina sekali bertelur bisa mengeluarkan lebih dari satu miliar butir telur. 
Bentuk tubuh yang besar namun pendek, hanya disertai dengan sirip kecil membuat ikan mola tampak seperti kepala raksasa yang melayang-layang di dalam air.
Ikan mola dewasa tidak bisa berenang cepat.
Nama mola berasal dari bahasa latin yang berarti "Batu Nisan" karena bentuknya sekilas nampak seperti batu nisan. Ikan mola dewasa panjangnya mencapai 3,3 meter dengan bobot 2.300 kilogram.
Menurut Todd Cyin dari laboratorium Kelautan Hawai menjelaskan bila keanehan bentuk tubuh ikan ini mungkin dimaksudkan untuk menakut-nakuti ikan lainnya. Namun, bentuk tubuh seperti ini sebenarnya sangat tidak seimbang dengan bekal kemampuan fisik yang dimilikinya. Misalnya ikan mola tak dilengkapi dengan sirip yang panjang dan kuat yang memungkinkan mereka bisa berenang lincah untuk menghindari pemburu. Selain itu, ikan ini juga tidak memiliki gigi yang kuat dan tajam untuk berburu. Namun, kulit ikan mola sangat liat dan tebal sehingga bisa melindungi tubuh mereka dari gigitan pemangsanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar