Minggu, 07 Desember 2014

Manfaat Tidur bagi Kesehatan Manusia

Tidur Ala Rasulullah SAW....
Tak banyak orang tahu kalau ternyata posisi tidur dapat mempengaruhi kualitas hidup kita,,, dan Tahukah Anda jika tidur dalam posisi miring ke sebelah kanan (rusuk kanan sebagai tumpuan) merupakan cara tidur yang dianjurkan Rasullah SAW karena memiliki banyak manfaat,,, simak pemaparan dari berbagai sudut pandang medis dan spiritual berikut ini !!!!

  1. Mengistirahatkan otak sebelah kiri... secara anatomis, otak manusia terbagi menjadi dua bagian kanan dan kiri. Bagian kanan adalah otak yang mempersarafi organ tubuh sebelah kiri dan sebaliknya. Umumnya kita menggunakan organ tubuh bagian kanan sebagai anggota tubuh yang dominan dalam beraktivitas seperti makan, membaca, dll... Dengan tidur pada posisi sebelah kanan, maka otak bagian kiri akan terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi yang melambat saat tidur/ diam seperti bahaya pengendapan bekuan darah, lemak, asam sisa oksidasi, dan peningkatan kecepatan penyempitan pembuluh darah, sehingga jika seseorang berisiko terkena stroke, maka yang berisiko adalah otak bagian kanan dengan akibat kelumpuhan pada sebelah kiri (bagian yang tidak dominan)
  2. Mengurangi beban jantung,,, posisi tidur sebelah kanan yang rata memungkinkan cairan tubuh (darah) terdistribusi merata dan terkonsentrasi di sebelah kanan (bawah). Hal ini akan menyebabkan beban aliran darah yang masuk dan keluar jantung lebih rendah. Dampak posisi ini adalah denyut jantung menjadi lebih lambat, tekanan darah juga akan menurun. 
  3. Mengistirahatkan lambung,,, Jika seseorang tidur ke sebelah kiri, maka proses pengeluaran chime (makanan yang telah dicerna oleh lambung) akan sedikit terganggu, hal ini akan memperlambat proses pengosongan lambung sehinggan dapat meningkatkan akumulasi asam yang akan menyebabkan erosi dinding lambung. 
  4. Meningkatkan pengosongan kandung empedu dan pankreas,,, Adanya aliran chime yang lancar menyebabkan keluaran cairan empedu juga meningkat, hal ini akan mencegah pembentukan batu kandung empedu. Keluaran getah pancreas juga akan meningkat dengan posisi miring ke kanan.
  5. Merangsang Buang Air Besar (BAB),,, tidur miring ke kanan, proses pengisian usus besar sigmoid (sebelum anus) akan lebih cepat penuh. Jika sudah penuh, akan merangsang gerak usus besar diikuti relaksasi dari otot anus sehingga mudah buang air besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar