Minggu, 28 Desember 2014

KEUNIKAN BUNGA KARANG

Kenapa Bunga Karang Termasuk Jenis Binatang ???

Kalau kalian menyelam di dasar laut, maka kalian akan menjumpai bunga karang yang indah berwarna-warni. Namanya saja bunga, maka bunga karang yang indah berwarna-warni itu akan nampak seperti bunga di taman. Namun, sebenarnya bunga karang adalah sejenis binatang. Ia termasuk golongan binatang yang sederhana karena tubuhnya terdiri dari sel-sel yang bersatu dengan susunan yang sederhana dan tidak memiliki susunan saraf, yang lebih dikenal dengan nama Porifera.

Meskipun tergolong binatang, bunga karang tidak dapat berjalan ke sana kemari layaknya jenis binatang lainnya. Dengan kakinya yang lebar, bunga karang hidup menempel pada dasar laut, batu karang, atau benda-benda lainnya sehingga tubuhnya saja yang bergerak-gerak di dalam air. Tubuh yang bergerak-gerak itu sesungguhnya adalah tentakel yang tampak seperti daun-daun panjang yang melambai-lambai dengan gemulai. Pada tentakel itu terdapat duri-duri beracun yang berfungsi untuk menjebak mangsa.

Sebagaimana binatang, bunga karang juga membutuhkan asupan makanan. Tahukah kalian, apakah makanan bunga karang ???
Makanan bunga karang diantaranya adalah ikan kecil dan makhluk-makhluk kecil lainnya yang ada di dalam air. Ikan-ikan itu dilumpuhkan dulu sebelum dimakan. Caranya ia akan menusukkan duri-duri beracunnya sehingga mangsanya akan lumpuh tak berdaya. Setelah itu, bunga karang pun siap untuk menyantapnya.
Tetapi bunga karang tidak mempunyai mulut, sehingga makanan dimasukkan ke dalam tubuhnya melalui pori-pori yang terdapat di sekujur tubuhnya. Bagian dalam pori-pori bunga karang berbentuk seperti cambuk, dan cambuk-cambuk inilah yang mengalirkan air laut beserta makanan yang telah hancur ke dalam tubuhnya. Sisa-sisa makanan yang ada akan dikeluarkannya melalui satu atau beberapa lubang pori-pori lain yang lebih besar....
Sungguh sangat menakjubkan bukan ??? Subhanallah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar