KISI-KISI US IPS SD
| 
    
INDIKATOR SOAL 
 | 
   
    
NO  
 | 
  
| 
   
Disajikan
  beberapa legenda dalam peta, peserta didik dapat menentukan salah satu simbol
  gunung, jalan kereta api, atau batas provinsi 
 | 
  
   
1 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  pernyataan tebakan berupa ciri-ciri budaya/adat istiadat/pakaian/nama lagu
  daerah, peserta didik dapat menyebutkan daerah asalnya 
 | 
  
   
2 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  beberapa alternatif perilaku positif dan negatif terhadap peninggalan
  bersejarah, peserta didik dapat menentukan 
  sikap negatif  tersebut 
 | 
  
   
3 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  beberapa pilihan hasil sumber daya alam yagn memiliki nilai ekspor tinggi,
  peserta didik dapat menyebutkan jenis sumber daya alam tersebut 
 | 
  
   
4 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  tabel hasil sisa pengolahan minyak bumi, peserta didik dapat menyebutkan
  salah satu bentuk hasil olahan minyak bumi tersebut 
 | 
  
   
5 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  gambar  jenis produksi masa lalu dan
  teknologi modern, peserta didik dapat menyebutkan hasil salah satu teknologi
  produksi tersebut 
 | 
  
   
6 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  pernyataan tentang masalah sosial, peserta didik dapat menyebutkan salah satu
  dampak dari kemiskinan 
 | 
  
   
7 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  gambar peninggalan bersejarah Hindu/Budha/Islam, peserta didik dapat
  menyebutkan nama / tokoh pembuat peninggalan bersejarah tersebut 
 | 
  
   
8 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  pilihan gambar nama raja-raja, peserta didik dapat menentukan asal daerah
  raja tersebut 
 | 
  
   
9 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  peta gambar provinsi yang ditunjuk anak panah, peserta didik dapat menentukan
  salah satu provinsi yang terdapat di wilayah pembagian waktu tersebut 
 | 
  
   
10 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  gambar jenis makanan khas di Indonesia, peserta didik dapat menentukan daerah
  asal makanan khas tersebut 
 | 
  
   
11 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  tabel berbagai hasil kerajinan, peserta didik dapat menyebutkan jenis hasil
  kerajinan dari rotan/kayu yang sudah diekpor 
 | 
  
   
12 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  gambar tokoh pejuang bangsa Indonesia melawan Belanda, peserta didik dapat
  menyebutkan nama tokoh pada masa itu 
 | 
  
   
13 
 | 
 
| 
   
Peserta
  didik dapat menyebutkan salah satu kerugian dengan berdirinya organisasi
  dagang Belanda (VOC) bagi rakyat Indonesia 
 | 
  
   
14 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  tabel tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, peserta didik
  dapat menentukan peran/tugas tokoh pejuang tersebut dalam mempersiapkan
  kemerdekaan 
 | 
  
   
15 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  beberapa gambar tokoh pejuang di Indonesia, peserta didik dapat menentukan
  gambar tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dengan tepat 
 | 
  
   
16 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  tabel pernyataan jasa-jasa/peran tokoh pejuang dalam memproklamasikan
  kemerdekaan Indonesia, peserta didik dapat menentukan jasa-jasa/peran tokoh
  tersebut dengan tepat  
 | 
  
   
17 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  beberapa alternatif pillihan pernyataan peran tokoh dalam memproklamasikan
  kemerdekaan, peserta didik dapat menyebutkan salah satu alternatif yang bukan
  merupakan peran tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan dengan tepat 
 | 
  
   
18 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  tabel tokoh pejuang Bandung Lautan Api, Pertempuran Lima Hari di Semarang,
  Pertempuran Ambarawa, peserta didik dapat menyebutkan peristiwa yang terjadi
  di daerah tersebut 
 | 
  
   
19 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  gambar tokoh pahlawan yang mempertahankan kemerdekaan Indonesia, peserta
  didik dapat menyebutkan asal daerah peristiwa tersebut terjadi 
 | 
  
   
20 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  huruf acak dalam kolom dan baris, peserta didik dapat menyebutkan nama
  gubernur dari kolom/baris tersebut 
 | 
  
   
21 
 | 
 
| 
   
Peserta
  didik dapat menyebutkan alasan/latar belakang suatu daerah dijadikan sebagai
  daerah agro wisata/agro industri/agro pertanian 
 | 
  
   
22 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  tabel nama negara dan lagu kebangsaan, peserta didik dapat menyebutkan dengan
  tepat 
 | 
  
   
23 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  beberapa mata uang di negara ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan negara
  tersebut 
 | 
  
   
24 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  nama kepala negara salah satu negara di ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan
  bentuk pemerintahan negara tersebut 
 | 
  
   
25 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  salah satu gambar bendera negara ASEAN, peserta didik dapat menentukan ikon
  (ciri khas kebanggaan negara) negara tersebut 
 | 
  
   
26 
 | 
 
| 
   
Peserta
  didik dapat menyebutkan perilaku yang dapat meningkatkan hubungan yang lebih
  harmonis antar negara di ASEAN 
 | 
  
   
27 
 | 
 
| 
   
Peserta
  didik dapat menyebutkan salah satu nama bandara Internasional di wilayah
  ASEAN 
 | 
  
   
28 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  salah satu bentuk pemerintahan di negara Asia Timur, peserta didik dapat
  menyebutkan nama negara tersebut 
 | 
  
   
29 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  beberapa nama negara di Asia Selatan, peserta didik dapat menyebutkan nama
  ibukota salah satu negara tersebut 
 | 
  
   
30 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  peta wilayah Eropa Barat, peserta didik dapat menyebutkan negara yang
  memiliki teknologi tinggi di bidang energi angin 
 | 
  
   
31 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  tabel tentang keajaiban dunia, siswa menyebutkan salah satu keajaiban dunia itu 
 | 
  
   
32 
 | 
 
| 
   
Peserta
  didik dapat menyebutkan salah satu tumbuhan khas di gurun pasir 
 | 
  
   
33 
 | 
 
| 
   
Peserta
  didik dapat menyebutkan Universitas yang sangat terkenal di negara Mesir 
 | 
  
   
34 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  tabel beberapa negara di Benua Amerika, peserta didik dapat menyebutkan
  sungai terpanjang di negara tersebut 
 | 
  
   
35 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  tabel beberapa jenis binatang, peserta didik dapat menyebutkan nama binatang
  khas kutub utara dengan tepat 
 | 
  
   
36 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  tabel nama negara bagian dan binatang khas di benua Australia, peserta didik
  dapat menentukan binatang kahs dan nama negara asalnya dengan tepat 
 | 
  
   
37 
 | 
 
| 
   
Siswa
  menyebutkan negara yang sering dilanda gempa/tsunami/angin, di negara
  tetangga 
 | 
  
   
38 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  beberapa pernyataan perilaku cara mencegah bencana alam, peserta didik dapat
  menentukan pilihan tersebut dengan tepat 
 | 
  
   
39 
 | 
 
| 
   
Siswa
  dapat mendeskripsikan pengertian gempa tektonik / vulkanik dengan benar  
 | 
  
   
40 
 | 
 
| 
   
Siswa dapat
  menyebutkan salah satu penyebab dari pemanasan global (global warning) 
 | 
  
   
41 
 | 
 
| 
   
Peserta
  didik dapat membedakan hujan orografis dan hujan zenital dengan tepat 
 | 
  
   
42 
 | 
 
| 
   
Peserta
  didik dapat menyebutkan dampak penebangan hutan secara liar 
 | 
  
   
43 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  pernyataan penyebab suatu bencana, siswa menyebutkan penyebab banjir dg tepat 
 | 
  
   
44 
 | 
 
| 
   
Peserta
  didik dapat menjelaskan perbedaan kerjasama bilateral dan multilateral 
 | 
  
   
45 
 | 
 
| 
   
Siswa
  menyebutkan dampak positif globalisasi bidang otomotif di wilayah Jawa Tengah 
 | 
  
   
46 
 | 
 
| 
   
Peserta
  didik dapat menyebutkan pengaruh negatif globalisasi di bidang teknologi
  informasi 
 | 
  
   
47 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  tabel beberapa latar belakang perusahaan asing yang menanamkan modal di
  Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan alasan yang tepat.  
 | 
  
   
48 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  beberapa pernyataan manfaat ekspor impor, peserta didik dapat menentukan
  manfaat impor dengan tepat 
 | 
  
   
49 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  tabel barang ekspor, peserta didik dapat menentukan barang ekspor dengan
  tepat  
 | 
  
   
50 
 | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar