Minggu, 30 November 2014

KISI-KISI SOAL US SD 2015

KISI-KISI US IPS SD

INDIKATOR SOAL
NO

Disajikan beberapa legenda dalam peta, peserta didik dapat menentukan salah satu simbol gunung, jalan kereta api, atau batas provinsi
1
Disajikan pernyataan tebakan berupa ciri-ciri budaya/adat istiadat/pakaian/nama lagu daerah, peserta didik dapat menyebutkan daerah asalnya
2
Disajikan beberapa alternatif perilaku positif dan negatif terhadap peninggalan bersejarah, peserta didik dapat menentukan  sikap negatif  tersebut
3
Disajikan beberapa pilihan hasil sumber daya alam yagn memiliki nilai ekspor tinggi, peserta didik dapat menyebutkan jenis sumber daya alam tersebut
4
Disajikan tabel hasil sisa pengolahan minyak bumi, peserta didik dapat menyebutkan salah satu bentuk hasil olahan minyak bumi tersebut
5
Disajikan gambar  jenis produksi masa lalu dan teknologi modern, peserta didik dapat menyebutkan hasil salah satu teknologi produksi tersebut
6
Disajikan pernyataan tentang masalah sosial, peserta didik dapat menyebutkan salah satu dampak dari kemiskinan
7
Disajikan gambar peninggalan bersejarah Hindu/Budha/Islam, peserta didik dapat menyebutkan nama / tokoh pembuat peninggalan bersejarah tersebut
8
Disajikan pilihan gambar nama raja-raja, peserta didik dapat menentukan asal daerah raja tersebut
9
Disajikan peta gambar provinsi yang ditunjuk anak panah, peserta didik dapat menentukan salah satu provinsi yang terdapat di wilayah pembagian waktu tersebut
10
Disajikan gambar jenis makanan khas di Indonesia, peserta didik dapat menentukan daerah asal makanan khas tersebut
11
Disajikan tabel berbagai hasil kerajinan, peserta didik dapat menyebutkan jenis hasil kerajinan dari rotan/kayu yang sudah diekpor
12
Disajikan gambar tokoh pejuang bangsa Indonesia melawan Belanda, peserta didik dapat menyebutkan nama tokoh pada masa itu
13
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu kerugian dengan berdirinya organisasi dagang Belanda (VOC) bagi rakyat Indonesia
14
Disajikan tabel tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, peserta didik dapat menentukan peran/tugas tokoh pejuang tersebut dalam mempersiapkan kemerdekaan
15
Disajikan beberapa gambar tokoh pejuang di Indonesia, peserta didik dapat menentukan gambar tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dengan tepat
16
Disajikan tabel pernyataan jasa-jasa/peran tokoh pejuang dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, peserta didik dapat menentukan jasa-jasa/peran tokoh tersebut dengan tepat
17
Disajikan beberapa alternatif pillihan pernyataan peran tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan, peserta didik dapat menyebutkan salah satu alternatif yang bukan merupakan peran tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan dengan tepat
18
Disajikan tabel tokoh pejuang Bandung Lautan Api, Pertempuran Lima Hari di Semarang, Pertempuran Ambarawa, peserta didik dapat menyebutkan peristiwa yang terjadi di daerah tersebut
19
Disajikan gambar tokoh pahlawan yang mempertahankan kemerdekaan Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan asal daerah peristiwa tersebut terjadi
20
Disajikan huruf acak dalam kolom dan baris, peserta didik dapat menyebutkan nama gubernur dari kolom/baris tersebut
21
Peserta didik dapat menyebutkan alasan/latar belakang suatu daerah dijadikan sebagai daerah agro wisata/agro industri/agro pertanian
22
Disajikan tabel nama negara dan lagu kebangsaan, peserta didik dapat menyebutkan dengan tepat
23
Disajikan beberapa mata uang di negara ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan negara tersebut
24
Disajikan nama kepala negara salah satu negara di ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan bentuk pemerintahan negara tersebut
25
Disajikan salah satu gambar bendera negara ASEAN, peserta didik dapat menentukan ikon (ciri khas kebanggaan negara) negara tersebut
26
Peserta didik dapat menyebutkan perilaku yang dapat meningkatkan hubungan yang lebih harmonis antar negara di ASEAN
27
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu nama bandara Internasional di wilayah ASEAN
28
Disajikan salah satu bentuk pemerintahan di negara Asia Timur, peserta didik dapat menyebutkan nama negara tersebut
29
Disajikan beberapa nama negara di Asia Selatan, peserta didik dapat menyebutkan nama ibukota salah satu negara tersebut
30
Disajikan peta wilayah Eropa Barat, peserta didik dapat menyebutkan negara yang memiliki teknologi tinggi di bidang energi angin
31
Disajikan tabel tentang keajaiban dunia, siswa menyebutkan salah satu keajaiban dunia itu
32
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu tumbuhan khas di gurun pasir
33
Peserta didik dapat menyebutkan Universitas yang sangat terkenal di negara Mesir
34
Disajikan tabel beberapa negara di Benua Amerika, peserta didik dapat menyebutkan sungai terpanjang di negara tersebut
35
Disajikan tabel beberapa jenis binatang, peserta didik dapat menyebutkan nama binatang khas kutub utara dengan tepat
36
Disajikan tabel nama negara bagian dan binatang khas di benua Australia, peserta didik dapat menentukan binatang kahs dan nama negara asalnya dengan tepat
37
Siswa menyebutkan negara yang sering dilanda gempa/tsunami/angin, di negara tetangga
38
Disajikan beberapa pernyataan perilaku cara mencegah bencana alam, peserta didik dapat menentukan pilihan tersebut dengan tepat
39
Siswa dapat mendeskripsikan pengertian gempa tektonik / vulkanik dengan benar
40
Siswa dapat menyebutkan salah satu penyebab dari pemanasan global (global warning)
41
Peserta didik dapat membedakan hujan orografis dan hujan zenital dengan tepat
42
Peserta didik dapat menyebutkan dampak penebangan hutan secara liar
43
Disajikan pernyataan penyebab suatu bencana, siswa menyebutkan penyebab banjir dg tepat
44
Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan kerjasama bilateral dan multilateral
45
Siswa menyebutkan dampak positif globalisasi bidang otomotif di wilayah Jawa Tengah
46
Peserta didik dapat menyebutkan pengaruh negatif globalisasi di bidang teknologi informasi
47
Disajikan tabel beberapa latar belakang perusahaan asing yang menanamkan modal di Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan alasan yang tepat.
48
Disajikan beberapa pernyataan manfaat ekspor impor, peserta didik dapat menentukan manfaat impor dengan tepat
49
Disajikan tabel barang ekspor, peserta didik dapat menentukan barang ekspor dengan tepat
50


Tidak ada komentar:

Posting Komentar