KISI-KISI US IPS SD
INDIKATOR SOAL
|
NO
|
Disajikan
beberapa legenda dalam peta, peserta didik dapat menentukan salah satu simbol
gunung, jalan kereta api, atau batas provinsi
|
1
|
Disajikan
pernyataan tebakan berupa ciri-ciri budaya/adat istiadat/pakaian/nama lagu
daerah, peserta didik dapat menyebutkan daerah asalnya
|
2
|
Disajikan
beberapa alternatif perilaku positif dan negatif terhadap peninggalan
bersejarah, peserta didik dapat menentukan
sikap negatif tersebut
|
3
|
Disajikan
beberapa pilihan hasil sumber daya alam yagn memiliki nilai ekspor tinggi,
peserta didik dapat menyebutkan jenis sumber daya alam tersebut
|
4
|
Disajikan
tabel hasil sisa pengolahan minyak bumi, peserta didik dapat menyebutkan
salah satu bentuk hasil olahan minyak bumi tersebut
|
5
|
Disajikan
gambar jenis produksi masa lalu dan
teknologi modern, peserta didik dapat menyebutkan hasil salah satu teknologi
produksi tersebut
|
6
|
Disajikan
pernyataan tentang masalah sosial, peserta didik dapat menyebutkan salah satu
dampak dari kemiskinan
|
7
|
Disajikan
gambar peninggalan bersejarah Hindu/Budha/Islam, peserta didik dapat
menyebutkan nama / tokoh pembuat peninggalan bersejarah tersebut
|
8
|
Disajikan
pilihan gambar nama raja-raja, peserta didik dapat menentukan asal daerah
raja tersebut
|
9
|
Disajikan
peta gambar provinsi yang ditunjuk anak panah, peserta didik dapat menentukan
salah satu provinsi yang terdapat di wilayah pembagian waktu tersebut
|
10
|
Disajikan
gambar jenis makanan khas di Indonesia, peserta didik dapat menentukan daerah
asal makanan khas tersebut
|
11
|
Disajikan
tabel berbagai hasil kerajinan, peserta didik dapat menyebutkan jenis hasil
kerajinan dari rotan/kayu yang sudah diekpor
|
12
|
Disajikan
gambar tokoh pejuang bangsa Indonesia melawan Belanda, peserta didik dapat
menyebutkan nama tokoh pada masa itu
|
13
|
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu kerugian dengan berdirinya organisasi
dagang Belanda (VOC) bagi rakyat Indonesia
|
14
|
Disajikan
tabel tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, peserta didik
dapat menentukan peran/tugas tokoh pejuang tersebut dalam mempersiapkan
kemerdekaan
|
15
|
Disajikan
beberapa gambar tokoh pejuang di Indonesia, peserta didik dapat menentukan
gambar tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dengan tepat
|
16
|
Disajikan
tabel pernyataan jasa-jasa/peran tokoh pejuang dalam memproklamasikan
kemerdekaan Indonesia, peserta didik dapat menentukan jasa-jasa/peran tokoh
tersebut dengan tepat
|
17
|
Disajikan
beberapa alternatif pillihan pernyataan peran tokoh dalam memproklamasikan
kemerdekaan, peserta didik dapat menyebutkan salah satu alternatif yang bukan
merupakan peran tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan dengan tepat
|
18
|
Disajikan
tabel tokoh pejuang Bandung Lautan Api, Pertempuran Lima Hari di Semarang,
Pertempuran Ambarawa, peserta didik dapat menyebutkan peristiwa yang terjadi
di daerah tersebut
|
19
|
Disajikan
gambar tokoh pahlawan yang mempertahankan kemerdekaan Indonesia, peserta
didik dapat menyebutkan asal daerah peristiwa tersebut terjadi
|
20
|
Disajikan
huruf acak dalam kolom dan baris, peserta didik dapat menyebutkan nama
gubernur dari kolom/baris tersebut
|
21
|
Peserta
didik dapat menyebutkan alasan/latar belakang suatu daerah dijadikan sebagai
daerah agro wisata/agro industri/agro pertanian
|
22
|
Disajikan
tabel nama negara dan lagu kebangsaan, peserta didik dapat menyebutkan dengan
tepat
|
23
|
Disajikan
beberapa mata uang di negara ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan negara
tersebut
|
24
|
Disajikan
nama kepala negara salah satu negara di ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan
bentuk pemerintahan negara tersebut
|
25
|
Disajikan
salah satu gambar bendera negara ASEAN, peserta didik dapat menentukan ikon
(ciri khas kebanggaan negara) negara tersebut
|
26
|
Peserta
didik dapat menyebutkan perilaku yang dapat meningkatkan hubungan yang lebih
harmonis antar negara di ASEAN
|
27
|
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu nama bandara Internasional di wilayah
ASEAN
|
28
|
Disajikan
salah satu bentuk pemerintahan di negara Asia Timur, peserta didik dapat
menyebutkan nama negara tersebut
|
29
|
Disajikan
beberapa nama negara di Asia Selatan, peserta didik dapat menyebutkan nama
ibukota salah satu negara tersebut
|
30
|
Disajikan
peta wilayah Eropa Barat, peserta didik dapat menyebutkan negara yang
memiliki teknologi tinggi di bidang energi angin
|
31
|
Disajikan
tabel tentang keajaiban dunia, siswa menyebutkan salah satu keajaiban dunia itu
|
32
|
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu tumbuhan khas di gurun pasir
|
33
|
Peserta
didik dapat menyebutkan Universitas yang sangat terkenal di negara Mesir
|
34
|
Disajikan
tabel beberapa negara di Benua Amerika, peserta didik dapat menyebutkan
sungai terpanjang di negara tersebut
|
35
|
Disajikan
tabel beberapa jenis binatang, peserta didik dapat menyebutkan nama binatang
khas kutub utara dengan tepat
|
36
|
Disajikan
tabel nama negara bagian dan binatang khas di benua Australia, peserta didik
dapat menentukan binatang kahs dan nama negara asalnya dengan tepat
|
37
|
Siswa
menyebutkan negara yang sering dilanda gempa/tsunami/angin, di negara
tetangga
|
38
|
Disajikan
beberapa pernyataan perilaku cara mencegah bencana alam, peserta didik dapat
menentukan pilihan tersebut dengan tepat
|
39
|
Siswa
dapat mendeskripsikan pengertian gempa tektonik / vulkanik dengan benar
|
40
|
Siswa dapat
menyebutkan salah satu penyebab dari pemanasan global (global warning)
|
41
|
Peserta
didik dapat membedakan hujan orografis dan hujan zenital dengan tepat
|
42
|
Peserta
didik dapat menyebutkan dampak penebangan hutan secara liar
|
43
|
Disajikan
pernyataan penyebab suatu bencana, siswa menyebutkan penyebab banjir dg tepat
|
44
|
Peserta
didik dapat menjelaskan perbedaan kerjasama bilateral dan multilateral
|
45
|
Siswa
menyebutkan dampak positif globalisasi bidang otomotif di wilayah Jawa Tengah
|
46
|
Peserta
didik dapat menyebutkan pengaruh negatif globalisasi di bidang teknologi
informasi
|
47
|
Disajikan
tabel beberapa latar belakang perusahaan asing yang menanamkan modal di
Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan alasan yang tepat.
|
48
|
Disajikan
beberapa pernyataan manfaat ekspor impor, peserta didik dapat menentukan
manfaat impor dengan tepat
|
49
|
Disajikan
tabel barang ekspor, peserta didik dapat menentukan barang ekspor dengan
tepat
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar