Senin, 12 Januari 2015

Silabus Kurikulum 2013 Kelas IV SD Semester 2

Tema 9     : Makanan Sehat dan Bergizi

Subtema 1     : Makananku Sehat dan Bergizi


Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
4.2
Melaksanakan kewajiban sebagai warga  di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
3.2
Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2
Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2
Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil perhitungan
3.4
Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4
Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

4.10
Membuat prediksi yang berhubungan dengan pola dan menelusuri pola yang berulang dengan menggunakan pencerminan dan rotasi
4.14
Membandingkan jumlah sudut suatu segitiga dengan jumlah sudut suatu segi empat
3.1
Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.1Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
3.2
Membedakan panjang-pendek bunyi dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.8
Memainkan alat musik melodis lagu yang telah dikenal sesuai dengan isi lagu
3.16 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana
4.15 Mengumpulkan dan menata data diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik termasuk grafik batang ganda, diagram garis, dan diagram lingkaran

3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi,dan cahaya dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4 Memahami konsep berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal
4.4 Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
3.3
Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
4.3Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya

§  hak dan kewajiban
§  teks instruksi
§  teks arahan/petunjuk
§  penaksiran dalam penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian
§  Membuat prediksi pola
§  sudut segitiga dan segi empat
§  aspek keruangan dan  konektivitas, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
§  panjang-pendek bunyi dan tinggi-rendah nada
§  alat musik melodis
Mengamati
·      Membaca tentang hak-hak yang dimiliki anak
·      Membaca teks tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh
  • Membaca petunjuk pemakaian sesuatu alat yang berhubungan dengan makanan atau kesehatan

Menanya
·      Menanya tentang hak dan kewajiban anak

Mengumpulkan Informasi
·      Mengidentifikasi hak-hak anak dari berbagai sumber
·      Mengerjakan lembar kerja atau tugas: penaksiran, pembulatan, dan konversi satuan
·      Mengukur besar sudut berbagai bentuk segitiga
·      Mengukur besar sudut berbagai bentuk segiempat
Bereksplorasi dengan grafik batang seperti membaca nilai data pada diagram batang tentang  makanan, membuat grafik batang yang jelas dan menarik, serta menjelaskannya kepada teman yang lain
Bereksplorasi dengan data seperti mengumpulkan harga makanan, mengukur beratnya dan menyajikan ke dalam table, grafik atau diagram, menentukan nilai tertinggi, terendah, atau rata-ratanya
Melakukan pembulatan seperti membulatkan pada puluhan terdekat, satuan terdekat atau decimal terdekat dari hasil pengukuran atau perhitungan
Berkreasi dengan biji-bijian

Mengenal pentingnya tinggi dan berat badan ideal agar dapat beraktifitas secara sehat dan lincah
Berlatih menghitung berat badan ideal
Membuat grafik batang ganda yang menyajikan dua jenis informasi yang berbeda seperti membuat grafik batang berat badan dari  dua kelompok anak laki-laki dan perempuan, dan sebagainya
Berlatih olahraga untuk meningkatkan kebugaran jasmani misal melalui lari, senam, atau permainan untuk menjaga berat tubuh ideal dan otot yang kuat
Menyanyikan lagu tentang buah dengan ceria dan gerakan tarian yang mencirikan isi lagu

Berkreasi membuat minuman dari buah misal sari buah, teh lemon, dan sebagainya
Menulis resep makanan atau minuman sehari-hari meliputi bahan, alat, dan tata cara atau prosedur membuatnya
Mengenal jeruk mulai dari manfaat, jenis, cara menanam dan sebagainya
Menulis laporan pemanfaatan sumber daya alam seperti sumber makanan, maupun sumber daya alam lainnya

Mengenal sumber daya alam hewan yang bermanfaat seperti udang, ternak ungags, mamalia ataupun lainnya
Melakukan presentasi tentang berbagai hewan yang bermanfaat meliputi fungsinya bagi kesehatan, cara pemeliharaan, maupun hal-hal lainnya.


Menalar/Mengasosiasi
·       Menyimpulkan hak-hak yang dimiliki anak seperti: mendapatkan pendidikan dan pemeliharaan kesehatan (termasuk mendapatkan makanan yang cukup), perlindungan, dsb
·       Membuat instruksi tentang pemeliharaan kesehatan
·       Memotong bagian sudut-sudut kertas berbentuk segitiga untuk membentuk sudut lurus dan menyimpulkan jumlah sudut segitiga 180 derajat
·       Memotong bagian sudut-sudut kertas berbentuk segiempat untuk membentuk sudut satu putaran
·       Menyimpulkan jumlah sudut segiempat 360 derajat
·         Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang hak-hak yang dimiliki anak
·         Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat  dengan bahasa yang mudah dipahami dan kalimat yang runtut
·      Menceritakan/menuliskan hal menarik ataupun yang kurang dipahami setelah belajar tentang penaksiran dan pembulatan, table dan grafik, ekspresi/kalimat matematika, sudut segitiga dan segiempat dan pola hasil pencerminan dan rotasi


Portofolio
·         Menulis instruksi terkait dengan pemeliharaan kesehatan tubuh
·         Menulis cerita tentang persahabatan
·         Kliping tentang makanan sehat dan bergizi
·         Menulis pengumuman


Unjuk Kerja
·      Memaparkan hasil diskusi kelompok
·      Membaca teks instruksi
·      Melakukan wawancara
·      Membuat makanan khas daerah
·      Menyajikan makanan khas daerah
·      Menyanyikan lagu daerah  dengan nada dan irama yang tepat, isi syair  berkaitan dengan tema

Hasil Karya
·        Gambar makanan
·        Kolase dari ampas kelapa yang diwarnai

Tes tertulis
·        Menjawab soal uraian mengenai makna dan keterkaitan symbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh
·        Menjawab soal uraian mengenai manfaat kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat
·        Menyelesaikan LKS  tentang: penaksiran dan pembulatan, table dan grafik, ekspresi/kalimat matematika, sudut segitiga dan segi empat serta pola hasil pencerminan dan rotasi
·        Menyelesaikan LKS tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya
·        Menyelesaikan LKS tentang tekhnologi yang dipergunakan untuk mengolah sumber daya alam
·        Menyelesaikan LKS tentang manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia

Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
·        Ketelitian
·        Rasa ingin tahu
·        Kerjasama
Toleransi
32 JP
·     Buku Teks Pelajaran Kelas IV
·     Media gambar 
·     Casette tape recorder
·     Bahan makanan          (buah-buahan dan sayuran )
·     Foto bazar dan makanan khas daerah
·     DVD/VCD
·     Perlengkapan memasak
·     Surat kabar, majalah, tabloid, print out internet dll
·     Pengumu-man
·     Contoh tabel
·     Kolam renang
·     Media untuk display
·     Teks bacaan
·     Uang -uangan





Tema 9          : Makanan Sehat dan Bergizi

Subtema 2     : Manfaat Makanan Sehat dan Bergizi


Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
4.2
Melaksanakan kewajiban sebagai warga  di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
3.4
Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.3
Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3
Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3
Memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur
4.17
Menyatakan kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik
3.7
Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6
Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatan nya oleh masyarakat
4.7
Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut
3.8
Memahami konsep makanan bergizi dan jajanan sehat menjaga kesehatan tubuh.
4.8    Mempraktikkan cara menjaga kesehatan
tubuh dengan makan makanan bergizi dan memilih jajanan sehat.
3.3 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
4.14 Membuat karya kerajinan aksesoris dengan berbagai bahan dan teknik
3.4 Menggali informasi dari teks cerita
petualangan tentang lingkungan
dan sumber daya alam dengan
bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah
kosakata baku
4.4
Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3 Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasidengan bantuan guru dan temandalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan lari
melalui permainan atau olahraga tradisional
4.3 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletikjalan cepat dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan atau olahraga tradisional
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.3Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya

§  bersatu dalam keberagaman
§  kesamaan identitas suku bangsa, sosial ekonomi
§  teks wawancara jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi
§  aturan pembulatan
§  data tabel atau grafik
§  sumber daya alam, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
§  teknologi dalam kehidupan sehari-hari
§  manusia dan kondisi geografis
§  makanan bergizi dan sehat
Mengamati
·      Menanya tentang makna persahabatan dalam keberagaman
·         Membaca tentang makanan sehat dan bergizi dari berbagai sumber
·         Mengamati gambar/foto makanan sehat dan makanan yang tidak sehat
·         Mengamati gambar atau pengamatan langsung  sayuran dan buah-buahan sebagai bahan pembuat makanan
·         Mengamati bahan makanan yang dapat dibuat menjadi karya seni

Menanya
·      Menanyakan bagian-bagian dari tumbuhan yang bisa dimakan atau digunakan sebagai bahan makanan
·      Menanyakan bagian tubuh hewan yang bisa dimakan atau digunakan sebagai bahan makanan
·      Menanyakan tentang jenis-jenis makanan yang termasuk makanan sehat dan bergizi
·      Menanyakan tentang jenis-jenis makanan yang termasuk makanan tidak sehat dan tidak bergizi
·      Menanyakan jenis makanan khas dari daerah tempat tinggal yang termasuk makanan sehat dan bergizi
·      Menanyakan kandungan gizi yang terdapat dalam makanan
·      Menanya jenis-jenis pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan makanan
·         Menanya bahan makanan yang dapat dibuat menjadi karya seni

Mengumpulkan Informasi
·      Mendiskusikan makna persahabatan dalam keberagaman
·      Mencari tahu  asal mula terjadinya beberapa bahan  makanan khas daerah melalui wawancara dengan penjual makanan khas tersebut. (Misal : asal mula nasi liwet, kripik tempe, kripik apel dll)
·      Menyajikan data berbagai hasil pengukuran benda atau harga barang ke bentuk tabel atau grafik
·      Mengidentifikasi bagian tumbuh-tumbuhan yang bisa dimakan atau dijadikan bahan makanan
·      Mendiskusikan bagian-bagian tubuh hewan yang dapat dijadikan bahan makanan dan kegunaannya bagi kesehatan manusia
·      Mencari informasi tentang makanan sehat dan bergizi dari berbagai sumber
·      Mengumpulkan informasi tentang makanan yang tidak sehat dan tidak bergizi
·      Mengumpulkan informasi makanan sehat dan bergizi yang ada di daerahnya
·      Menghitung jumlah gizi yang ada dalam setiap jenis makanan
·      Mendata komposisi/kandungan gizi dan zat makanan tambahan lainya dari jajanan yang di konsumsi di sekolah
·       Mengidentifikasi dan mengelompokkan jenis-jenis makanan (makanan pokok dan makanan tambahan)
·         Mendiskusikan bahan makanan yang dapat dibuat menjadi karya seni
·         Menggambar makanan dengan melihat model/objek langsung
Membaca diagram batang seperti konsumsi minuman, hasil panen sayuran, buah dan sebagainya
Mengolah teks tentang buah-buahan, sayuran, dan sebagainya
Membedakan teknologi tradisional dan modern misal dalam pengolahan padi, bahan makanan atau makanan, ataupun pembuatan bahan-bahan lainnya.
Membuat buklet tentang pengolahan susu, makanan atau hal-hal lainnya

• Menggali dan mengolah informasi dari teks misalnya tentang buah dan sayur
• Membuat diagram garis mulai dari membaca table misal tentang konsumsi sayur dan buah, mengumpulkan dan menyajikan data ke dalam bentuk table dan diagram atau grafik garis
• Mengecap buah (membuat stempel dari buah) untuk dijadikan bros dari bahan kartun atau membuat keterampilan lainnya
• Mengklasifikasi buah dan sayur berdasarkan cita rasa, warna, cara tumbuhnya, dan sebagainya

• melakukan olahraga atletik seperti lari mulai dari cepat, lari berkelompok, serta manfaatnya untuk kesehatan
Mengolah teks wawancara misalnya tentang manfaat karbohidrat, ataupun makanan olahan lainnya
Mengenal teknologi pengolahan padi mulai dari cara menanam, pemeliharaan, penggunaan alat sederhana dan modern pengolahan gabah menjadi beras, maupun cara penyimpanannya

• Mengenal jumlah kalori makanan mulai dari bahan makanan maupun yang telah terolah,
• Membaca kemasan makanan untuk mengetahui kandungan nutrisi, manfaat makanan, maupun tanggal kedaluwarsanya.
• Menghitung kalori harian makanan sehari-hari yang dibutuhkan tubuh untuk berbagai tingkat aktifitas sehari-hari
• Mengenal kandungan gizi makanan atau nilai gizi tiap jenis makanan beserta manfaatnya, serta mengenal arti angka kecukupan gizi dari tiap jenis makanan sehari-hari

Mengenal cara membuat diagram lingkaran misalnya mulai dari membaca grafik lingkaran tentang nutrisi ideal, mengumpulkan dan menggunakan data dari kebutuhan dan pola makanan sehari-hari untuk dibuat grafik lingkaran
Menghitung kalori 4 jenis nutrisi yaitu berbagai jenis makanan pokok  seperti nasi, jagung, gandum,  atau kentang, susu, berbagai jenis daging/ikan, serta buah dan sayuran .
Mencari informasi tentang sumber daya alam seperti jenis bahan pangan dari berbagai daerah maupun sumber daya lainnya.

• Menyimpulkan manfaat jenis zat gizi dari berbagai jenis makanan, menguraikan akibatnya apabila kekurangan nutrisi tertentu
• Evaluasi melalui membaca teks tentang nutrisi menemukan jenis nutrisi dan manfaatnya, membuat bagannya, membuat table dan diagramnya, menguraikan berbagai kegiatan ekonomi sebagai hasil sumber daya alam untuk masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.



Menalar/Mengasosiasi
·       Menyimpulkan makna kebersamaan dalam keberagaman
·       Menyimpulkan cara-cara memelihara kesehatan tubuh salah satunya dengan makan makanan yang sehat
·       Menyimpulkan jenis-jenis pekerjaan yang terdapat pada bidang pengolahan makanan
·       Menyimpulkan jenis-jenis makanan sehat dan bergizi dan yang tidak
·       Menyimpulkan bagian tumbuhan dan hewan yang bisa dibuat sebagai bahan makanan dan kegunaannya bagi kesehatan tubuh
·       Menyimpulkan jenis-jenis makanan khas daerah yang mengandung gizi seimbang yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan seorang anak
·       Mengumpulkan gambar-gambar makanan khas nusantara dan proses pengolahannya
·       Menyimpulkan jenis-jenis makanan khas daerah yang mengandung gizi seimbang yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan seorang anak
·       Mendiskusikan kandungan gizi yang terdapat dalam makanan
·       Menghitung jumlah  gizi yang ada dalam setiap jenis makanan  maupun kelipatannya.

Mengkomunikasikan
·      Memaparkan hasil diskusi kelompok mengenai makna persahabatan dalam keberagaman
·      Menceritakan jenis-jenis makanan sehat dan bergizi yang ada di lingkungan tempat tinggal dengan menggunakan gambar/foto/tabel
·      Menceritakan jenis-jenis makanan sehat dan bergizi dengan menggunakan table
·      Membuat kliping tentang makanan sehat dan bergizi
·      Menjelaskan proses pembuatan salah satu makanan khas daerah
·      Praktek membuat makanan khas daerah setempat.
·      Menyajikan makanan khas daerah setempat dengan penyajian yang menarik


Portofolio
·         Menulis hasil wawancara pemeliharaan kesehatan tubuh
·         Menulis cerita tentang persahabatan
·         Kliping tentang makanan sehat dan bergizi


Unjuk Kerja
·      Memaparkan hasil diskusi kelompok
·      Melakukan wawancara
·      Membuat makanan khas daerah
·      Menyajikan makanan khas daerah
·      Menyanyikan lagu daerah  dengan nada dan irama yang tepat, isi syair  berkaitan dengan tema

Hasil Karya
·        Gambar makanan
·        Kolase dari ampas kelapa yang diwarnai

Tes terulis
·        Menjawab soal uraian mengenai keberagaman
·        Menjawab soal uraian mengenai manfaat kebersamaan dalam keberagaman
·        Menyelesaikan LKS  tentang: penaksiran dan pembulatan, table dan grafik
·        Menyelesaikan LKS tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya
·        Menyelesaikan LKS tentang tekhnologi yang dipergunakan untuk mengolah sumber daya alam

Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
·        Ketelitian
·        Rasa ingin tahu
·        Kerjasama
·        Toleransi
32 JP
·     Buku Teks Pelajaran Kelas IV
·     Media gambar 
·     Casette tape recorder
·     Bahan makanan          (buah-buahan dan sayuran )
·     Foto bazar dan makanan khas daerah
·     DVD/VCD
·     Perlengkapan memasak
·     Surat kabar, majalah, tabloid, print out internet dll
·     Pengumu-man
·     Contoh tabel
·     Media untuk display
·     Teks bacaan
·     Uang -uangan




Tema 9          : Makanan Sehat dan Bergizi

Subtema 3     : Kebiasaan Makanku


Mata pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
4.2
Melaksanakan kewajiban sebagai warga  di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
3.10
Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi menggunakanpenjumlahan, pengurangan, atau perkalian pada kedua ruas sehingga diperoleh bentuk yang paling sederhana
4.16
Menyajikan hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana
4.14
Membandingkan jumlah sudut suatu segitiga dengan jumlah sudut suatu segi empat
4.16
Menyajikan hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana
3.1
Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan dan fungsinya
4.1
Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
3.9
Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat yang cukup terhadap pertumbuhan dan perkemban
4.9
Menceritakan secara sederhana pengaruh aktivitas fisik dan istirahat yang cukup terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan
masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh Masyarakat
4.7 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
3.7 Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan decimal
4.2 Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen
3.16 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana
4.15 Mengumpulkan dan menata data diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik termasuk grafik batang ganda, diagram garis, dan diagram lingkaran

3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4 Menggali informasi dari teks cerita
petualangan tentang lingkungan
dan sumber daya alam dengan
bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah
kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan lari melalui permainan atau olahraga tradisional
4.3 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan atau olahraga tradisional
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi
geografis di sekitarnya
4.3 Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya

§  teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
§  kesamaan dua ekspresi
§  pengukuran panjang berat disajikan dalam bentuk tabel sederhana
§  sudut suatu segitiga dan segi empat
§  tubuh hewan dan tumbuhan
§  manusia dan interaksi lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
§  aktivitas fisik dan istirahat

Mengamati
·      Mengamati foto anak yang mengalami kekurangan gizi
·      Mengamati gambar jenis-alat ukur  waktu, jarak dan berat lengkap dengan satuannya
·      Mengamati gambar bagian tubuh hewan
·      Mengamati gambar alat ukur berat
·      Membaca jenis-jenis permainan tradisional


Menanya
·      Menanya perlunya memelihara kesehatan tubuh
·      Tanya jawab tentang   jenis-jenis mata pencaharian dan laju perekonomian penduduk daerah setempat
·      Menanya tentang perbedaan kalimat pengumuman, tawaran, teguran, dan larangan
·      Menanyakan tentang: bagaimana menaksir banyak benda atau sekumpulan orang agar akurat? Bagaimana sifat benda hasil pencerminan dengan cermin datar, cekung atau cembung? Bagaimana membuat sajian hasil pengukuran berbagai ukuran benda agar ditampilkan menarik?
·      Menanyakan konsep Body Mass Index (BMI) yaitu  pengukuran yang membandingkan berat dan tinggi badan seseorang
·      Menanya jenis-jenis permainan tradisional


Mengumpulkan Informasi
·      Mencari dari berbagai sumber cara-cara pemeliharaan tubuh
·      Mendiskusikan perbedaan kalimat pengumuman, tawaran, teguran, dan larangan
·      Membuat pengumuman lomba
·      Menaksir secara berulang-ulang sekumpulan benda (kertas, kerikil, dsb) agar lebih teliti dan akurat
·      Melakukan taksiran hasil penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian dari hasil pengukuran yang melibatkan satuan pengukuran panjang, berat, luas daerah
·      Mengukur, membaca dan menuliskan hasil pengukuran panjang, berat, temperature, dsb dari berbagai benda dengan satuan dan skala yang benar
·      Mengingat/menghafal penjumlahan dan pengurangan sampai 20, perkalian dan pembagian sampai 100
·      Melengkapi kalimat matematika dengan symbol operasi atau angka yang tepat agar menjadi kalimat atau ekspresi yang benar (termasuk dengan menggunakan kartu bilangan dan kartu symbol operasi bilangan)
·      Menempatkan sekumpulan kartu bilangan dan kartu symbol operasi bilangan dengan berbagai posisi yang tepat agar menjadi kalimat matematika yang benar
·      Mengubah suatu kalimat matematika ke bentuk kalimat matematika lainnya yang lebih sederhana dengan cara menjumlah, mengurangi atau mengalikannya dengan bilangan tertentu pada kedua ruas
·      Menghitung diskon barang yang ditawarkan dari harga suatu barang
·      Menghitung bunga yang ditawarkan dari suatu Bank
·      Menggambar/melukis berbagai benda/bangun datar hasil pencerminan
·      Menggambar/melukis berbagai bangun datar hasil rotasi
·      Mengumpulkan data tentang  jenis-jenis mata pencaharian dan laju perekonomian penduduk daerah setempat .
·      Mendiskusikan hasil peternakan, pertanian, perdagangan dll.
·      Menyusun menu seimbang untuk satu hari.
·      Menghitung dengan  rumus Body Mass Index  BMI = Berat (dalam kg) / Tinggi2 (dalam meter)
·      Mendiskusikan  pengaruh Nilai BMI terhadap  risiko terkena penyakit akibat berat badan seperti jantung dan diabetes
·      Membuat kolase dari ampas kelapa yang diberi warna
·      Mengumpulkan data jenis-jenis permaianan tradisional
·      Melakukan permainan ciri khas daerah setempat

memahami bacaan tentang nutrisi makanan, ataupun sumber daya alam lainnya
Menjelaskan pentingnya kebiasaan makan, minum sehat serta beraktifitas atau berolahraga yang rutin dan sehat
Membuat jurnal misal kebiasaan mengkonsumsi makanan/minuman sehat bagi kesehatan tubuh


• memahami bacaan teks dalam berbagai bentuk deskriptif, gambar, table ataupun lainnya
Survei dan mengolah data misalnya tentang pengolahan makanan, susu, dan sebagainya
Olahraga atletik


Mengenal manfaat air putih
Membedakan penggunaan grafik batang, garis, dan lingkaran
Mengenal berbagai variasi campuran air putih

Mengenal tanaman apel dan manfaatnya
Mengenal buah di lingkungan sekitar
Menyajikan data mengenai buah
Membuat olahan dari buah

Analisis bacaan
Bermain Peran
Bercocok tanam

Evaluasi


Menalar/Mengasosiasi
·       Menyimpulkan perbedaan kalimat pengumuman, tawaran, teguran, dan larangan
·       Menyimpulkan kecenderungan dari sajian table atau grafik
·       Menyimpulkan tingkat ketelitian dari berbagai alat ukur seperti: penggaris, meteran, rollmeter dan jangka sorong, timbangan, neraca, timbangan duduk dan jembatan timbang
·      Menyimak teks bacaan yang berisi tawaran, larangan dan teguran untuk suatu kegiatan bazar.
·      Mencatat kalimat tawaran, larangdan dan teguran yang ada dalam teks bacaan
·      Menyusun kalimat tawaran, larangan dan dan teguran yang ada dalam teks bacaan

Mengkomunikasikan
·      Menjelaskan perbedaan kalimat pengumuman, tawaran, teguran, dan larangan
·      Memberikan pengumuman tentang lomba membuat donat pada bazar yang akan diselenggarakan sekolah)
·      Menyanyikan lagu daerah  dengan nada dan irama yang tepat, isi syair  berkaitan dengan tema


Portofolio
·         Menulis cerita petualangan
·         Menulis pengumuman


Unjuk Kerja
·      Memaparkan hasil diskusi kelompok
·      Membaca teks cerita
·      Melakukan wawancara
·      Menyanyikan lagu daerah  dengan nada dan irama yang tepat, isi syair  berkaitan dengan tema
·      Melakukan aktifitas fisik yang sehat


Tes terulis
·        Menyelesaikan LKS  tentang: table dan grafik, ekspresi/kalimat matematika, sudut segitiga dan segi empat
·        Menyelesaikan LKS tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya
·        Menyelesaikan LKS tentang manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia

Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
·        Ketelitian
·        Rasa ingin tahu
·        Kerjasama
·        Toleransi
64 JP
·     Buku Teks Pelajaran Kelas IV
·     Media gambar 
·     Casette tape recorder
·     DVD/VCD
·     Surat kabar, majalah, tabloid, print out internet dll
·     Pengumu-man
·     Contoh tabel
·     Alat ukur berat dan tinggi badan
·     Kolam renang
·     Alat ukur tak baku
·     Timbangan
·     Media untuk display
·     Teks bacaan
·     Uang -uangan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar